FAVORIT

Pemrograman Dasar - Alur Logika Pemrograman (Bab 1)

Image
  Kompetensi Dasar 3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer. 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer. Pendahuluan Pernahkah kalian berpikir cara komputer menyelesaikan perhitungan matematika? Misalnya menyelesaikan rumus A = tit. Apakah komputer akan langsung mengenali rumus tersebut tanpa kita harus memasukkan beberapa parameter tertentu? Tentu saja tidak. Komputer merupakan mesin paling bodoh dan jujur, tetapi memiliki kelebihan dalam kecepatan pemrosesan dan keakuratan hasilnya. Komputer tidak akan mengenal rumus di atas dan tidak mampu melakukan proses penghitungan seperti yang kita harapkan. Untuk itu, dibutuhkan sebuah logika penyelesaian secara sistematis menurut standardisasi bahasa pemrograman yang dikenal komputer. Seorang pemrogram bertugas membuat bahasa pemrograman tersebut sehingga rumus matematika tersebut dipahami dan diselesaikan oleh komputer. Nah, bagaimana cara melakukannya? Pahami materi bab ini.  (A). Konsep Algoritme  Istilah algori...

KATEGORI DESAIN GRAFIS

KATEGORI DESAIN GRAFIS

ٱ


Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori: 1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 2. Web Desain: desain untuk halaman web. 3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi. 4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman. 5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya. Setelah mengetahui apa saja hasil karya desain grafis dan begitu pula arti desain grafis, saatnya kita akan memahas apa saja yang harus dikuasai pertama kali oleh seorang desainer grafis. · Nirmana Nirmana adalah ilmu yang mempelajari tentang elemen-elemen desain grafis beserta prinsip-prinsip desain grafis. Didalamnya kita akan mempelajari tentang garis, bentuk, ruang, tekstur, warna dan lain sebagainya. · Typografi Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Dikenal pula seni tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambang bunyi bisa diabaikan. · Pewarnaan Pewarnaan penting bagi pencitraan hasil karya desin grafis, karena dengan warna seseorangan akan memahami estetika dari gambar yang kita buat. Warna masuk dalam ilmu nirmana tetapi sebegitu pentingnya sehingga pewarnaan saya buat point tersendiri. · Software Software adalah pendukung dari apa yang bisa Anda hasilkan, dilihat dari bidangnya software desain terbagi menjadi dua sofware pengolah grafis 2 dimensi dan pengolah grafis tiga dimensi. Menurut medianya terbagi menjadi tiga, yaitu media cetak, digital dan multimedia. · Scetch Lebih mudah dinamai dengan menggambar dengan tangan. Kemampuan menggambar tidak begitu mempengaruhi hasil karya Anda dalam bidang desain grafis, namun orisinalitas dalam menggambar manual akan sangat terasa dan efeknya adalah memudahkan Anda dalam mengolah karya desain menggunakan software. · Kemampuan umum Kemampuan umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang website ( website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce untuk menjual karya desain dsb ) Pilar keilmuan yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis. Ø Wawasan Teknologi Ø Wawasan Sains Ø Wawasan Seni Ø Wawasan Sosial dan Budaya Ø Wawasan Filsafat dan Etika



Comments

Popular posts from this blog

Pemrograman Dasar - Alur Logika Pemrograman (Bab 1)

Pembelajaran Cara Instal Windows 7

Teori Dasar TKJ Komputer dan sedikit pengenalan mengenai OSI LAYER|2020